Rabu, 04 Januari 2012

Taman Minimalis


Taman menjadi bagian tidak terlupakan dari desain arsitektur rumah. Namun dengan terbatasnya lahan, menghadirkan sebuah taman menjadi tantangan tersendiri. Meski begitu, bukan berarti kita menyerah. Banyak cara untuk mewujudkan taman impian Anda, walau lahan tidak luas.

Karena pada prinsipnya sebuah taman tidaklah harus berukuran luas, karena saat ini juga sedang happening taman darurat alias taman minimalis. Untuk menampilkan taman minimalis, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan.

Pilihlah furnitur taman berbentuk sederhana dan dari bahan yang awet
Misalnya, bahan semen, batu, kaca, atau plastik. Furnitur berbahan semen bisa Anda kreasikan sesuai kebutuhan, misalnya pot di halaman depan rumah. Pot semen ini bisa dibuat sesuai jenis, banyaknya tanaman serta proporsi luas lahan. Meskipun berkesan berat, material berbahan semen terbukti lebih awet ketimbang bahan alami, seperti bambu dan kayu.

Selain untuk pot, Anda dapat berkreasi menciptakan bangku, meja taman, dan rumah lampu (kap) taman. Namun, mengingat sifat materi semen yang berat dan susah dipindah, pastikan betul peletakannya sesuai selera Anda.

Untuk menambah elemen sejuk, Anda dapat kembali bermain elemen kaca atau plastik untuk akuarium ikan hias.
Akuarium tersebut dapat diletakkan di sudut teras, untuk melunakkan elemen keras dari material perabot teras lainnya.
Bereksperimen dengan semen
Material berbahan semen pun dapat Anda kreasikan dalam bentuk ornamen air terjun buatan dengan konsep minimalis. Bentuk lainnya adalah bejana pair, patung air mancur, maupun kolam ikan. Untuk pembuatan kolam ikan, jangan lupa melengkapinya dengan sirkulasi air dari pemasangan pipa di dasar kolam dan filter fabric untuk menyaring kotoran.

Pilihlah tanaman yang tepat
Sebaiknya pilih jenis tanaman yang mudah perawatannya, apalagi Anda tergolong memiliki rutinitas padat setiap harinya. Pilihlah tanaman yang dapat tahan dalam kondisi kering, seperti lidah buaya dan adenium.

Seberapapun luas taman Anda, taman Anda akan terlihat menarik bila penataannya apik. Jadi silakan berkreasi dengan taman kecil Anda.

Source: Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar